Tuesday, 20 March 2012

TANYA - JAWAB

Page ini untuk agan dan sista sekalian yang ingin Tanya-jawab tentang kelinci… .. silahkan bertanya-jawab ria agan sista sekalian..  J.



38 comments:

  1. Kelinci saya kok gemetaran ya? Sakit atau apa ya? Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya banyak sista, bisa fisik maupun psikis.. kalo gangguan fisik, bisa kelinci merasa kedingninan, penyakit, nyeri dll. jika secara psikis, bisa terjadi ketika kelinci merasa ketidaknyamanan, ketakutan dll..

      saran saya :

      kenali dulu penyebab kelinci menjadi gemetar, coba liat kondisi tubuh kelinci keseluruhan, bisa jadi kelinci mengalami kembung, atau ada bagian tubuh yang sakit. coba lihat kondisi pupnya, lihat juga bagaimana pola makan dan perilaku kelincinya.

      lihat juga kondisi lingkungan sista, bisa jadi kelinci kedinginan mungkin karena AC, atau cuaca yang kebetulan sekarang lagi buruk


      coba sista sering2 berinteraksi dengan kelincinya, ada kemungkinan mengalami gangguan secara Psikisnya.. bisa ketakutan (predator, lingkungan), atau ketidaknyamanan.


      semoga membantu sista.. cepet sembuh ya bunny nya sista

      Delete
    2. min kok kelinci ku kejang2 ya?? aku jga gk tau knp , tdi abis main di taman. stlh itu dia lemes terus kejang2?? tlg mohon di bales sekarang yaa min soalnya kelinci ku masih kejang2

      Delete
    3. min pliisss mohon di bales sekarang :(:( kelinciku sekarat :'(

      Delete
  2. Kalau kelinciku (umur 2 bulan) juga gemetar. menurutku kalau alasan kedinginan, predator dan sakit bisa sy pastikan tidak terjadi gan. tapi ada satu yang saya curigai membuat dia ga nyaman yaitu alas kandangnya yang terbuat dari kawat ram. Apa itu juga membuat kelinciku ga nyaman? N kelinci umur 2 bulan itu perlu dikasih minum g sih? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi itu gan.. coba juga dibiasakan jangan dikandang, karena yang 2 bulan rentan stress..

      iya gan kelinci umur berapapun butuh air kalo asupan air dari makanannya minim, yang psti sediain air aja di kandangnya buat antisipasi daripada malah nanti dehidrasi..

      Delete
  3. Di rumah saya ada pohon jambu, dan setiap hari hampir jatuh jambu-jambunya.
    nah kelinci saya (fuzzy lop) seneng banget makan jambu-jambu itu, bahaya ngga kalau kelinci saya makan jambu-jambu tersebut.
    Jambu kan gizinya juga baik dan mengandung antioksidan yang baik juga.
    gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk bahayanya saya kurang begitu mengerti mas.. tapi kalau untuk jambu Biji muda atau bahkan daun jambu Biji, beberapa orang berpendapat justru digunakan sebagai obat untuk menghentikan diare kelinci secara alami..

      Delete
  4. omm.. telinga kelinci saya kena kudis atau kangker telinga.....
    jadi gimana omm...
    biasanya sih aq beri obat merahh ..
    gimana biar kelinciku bisa sembuh lagi...



    kelinci ku udah tuaa.... 6 tahun ... O,o ...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk scabies banyak obatnya terutama di jual bebas.. kalo dikasih obat merah gabisa berpengaruh langsung mbak, karena kudis disebabkan kutu sarcoptes (tungau) yang emang ga terlalu terpengaruh oleh obat merah..

      coba lebih jelas mas baca http://tokokelinciku.blogspot.com/2012/03/penyakit-scabies-pada-kelinci.html

      Delete
  5. permisi saya mau nanya, saya ada kelinci sepasang betina jantan, udh bbrp hari terakhir mereka kawin.. yg saya mau tanyakan, kan posisi kawin kelinci jantan itu diatas, tapi kelinci saya tidak seperti itu, kadang jantan diatas, kadang betina diatas. saya jd bingung kenapa gitu ya? mohon infonya terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi tersendiri ga terlalu baku, tapi memang lebih umum kelinci jantan yang berada diatas kelinci betina.. tapi untuk tingkat keberhasilan perkawinan kita harus memastikan minimal tiga kali proses perkawinan.. tanda klimaks diketahui biasanya klimaksnya akan terlihat kelinci jantan langsung lemas/ terbanting ketika mencapai penetrasi..

      Delete
  6. Anak saya memelihara seekor kelinci dan sudah hampir sebulan ini kalo berjalan selalu menyeret kaki belakang (lumpuh ?)...sudah pernah saya bawa ke dokter hewan dan Rontgen tulang tp tidak ditemukan patahan atau pergeseran tulang.
    Jadi cuma diberi obat penguat tulang dan saraf.
    Cuma sampe skrg kondisinya masih tetap sama dan yg membuat saya bingung adalah saat kelinci tsb dimandikan selalu bisa duduk normal dan berlari normal (kaki belakangnya berfungsi normal)...
    Makanan : pellet dan sayur hijau...dan tiap pagi dan sore selalu saya biarkan jalan di kebun.

    Apakah ada saran cara menangani-nya atau memang kelinci bisa pura-pura lumpuh yach....
    Terima kasih sebelumnya.

    Felice

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin aja dia lagi main main

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. tanda tanda kalau kelinci betina hamil itu apa saja ya? saya tidak tahu, tolong dijawab ya, trims :)

    ReplyDelete
  9. pertanyaan buat temen2 sy punya 2 anakan Flame 3bln : 2kg an lebih... kira-kira bisa nyampe berapa kg kalo dewasa?...

    (info: indukan 4,5kg untuk 8 bln)

    slama ini masing2 dikasih makan
    - pagi n siang campuran: 250gr (20% nasi, 20% dedak, 10% konsentrat, 10% jagung giling, 20% kangkung layu cincang 0,5cm).
    - malam: daun-daunan rumput / daun pisang dll... banyak, kadang paginya masih sisa.

    minum air putih biasa, 3hari sekali dikasih air gula jawa.

    bisa gak nantinya lebih gede dari indukan aslinya?...

    ReplyDelete
  10. klo di kaki kelinci ada kyak merah merah / luka itu penyakit apa?

    bisa disembuhin ga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore hocks tuh gann

      Delete
  11. maaf, mau tanya.. :) kelinci saya terkena diare, pertolongan pertama yg hrus saya lakukan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dikasi daun jambu biji n delima gan.....

      Delete
  12. Gan ada gak ya obat untuk kelinci yang kaki belakangnya lumpuh kasihan rasanya mau konsultasi ke dokter tapi di tempat ku jauh dari dokter, mohon masukannya trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun pepaya bagus tuk zat besi bagi pertumbuhan kelinci 2-3 bulanan gan....

      Delete
  13. -> kak saya mau tanya kelinci ku kan habis beranak lah cara merawat bayi nya itu bagaimana apakah dibiarkan bersama induknya atau bagaimana ?

    -> trus kalau saya mau order fuzzy lop bagaimana cara nya kak?

    ReplyDelete
  14. maaf mas, saya punya fuzzi lop usia sekitar 4 bulan, karena musim hujan, sebagian bulunya gimbal, bagaimana cara mengatasi gimbal tersebut ? apakah sudah bisa dimandikan ?

    ReplyDelete
  15. kk kenapa ya kelinci ku telinganya kaya korengan gitu dan karinya juga itu penyebabnya apa kakak dan apa obatnya {di jawab secepatnya ya} maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga kutuan, kl kuping korengan, ato bisa juga cuma kotor doang. karinya (kaki?) korengan biasanya kena kencing ato luka karena berdiri di kandang dari jeruji besi kereng2... harusnya ga boleh

      Delete
  16. mau tanya:
    1.apakah bulu kelinci yg rontok berbahaya jika terhisap manusia?
    2.umur berapa kelinci boleh mandi?
    3.sampo apa yg di gunakan untuk memandikan kelinci?
    4.apakah kelinci bisa terkena kutu? dan apa obatnya?

    mohon di jawab, terimakasih ^^

    ReplyDelete
  17. kak ,kelinci sy yang masih kecil kok bulunya ada yang berdiri semua , apa tanda2 sakit ya kak? sebelumnya ada satu dari 5 ekor kelinci yg mati kena diare... (mereka di jadiin sekandang krn masih kecil/induknya mati pas musim ujan kmrn)

    ReplyDelete
  18. aku mau pesen fuzzy lope dan english anggora.. gmn caranyA..ini nmor saya 085742448880

    ReplyDelete
  19. Met siang sist/bro.. aini mau nanya..aini dirmh ada kilinci betina (cici) usia setahun lebih. Dikaki cici bulu nya rontok dan seperti ada luka merah.. itu pnykit apa ya sist /bro?biar sembuh pake obat apa? Mksih sblmny ya sist.. oia jawabanny mohon kirim ke email aini aja ya sist/bro ... nuraini49@ymail.com

    ReplyDelete
  20. Met siang sist/bro.. aini mau nanya..aini dirmh ada kilinci betina (cici) usia setahun lebih. Dikaki cici bulu nya rontok dan seperti ada luka merah.. itu pnykit apa ya sist /bro?biar sembuh pake obat apa? Mksih sblmny ya sist.. oia jawabanny mohon kirim ke email aini aja ya sist/bro ... nuraini49@ymail.com

    ReplyDelete
  21. saya memiliki 2 ekor kelinci. tapi yang betina mati karena dimakan kucing. apakah kelinci tidak apa apa di biarkan sendiri atau harus saya beli 1 lagi? apakah kelinci jika sendiri akan memengaruhi psikisnya? apa kelinci bisa merasakan kesepian? terima kasih.

    ReplyDelete
  22. met pagi sist/gan,saya mau tanya ..
    saya baru membeli kelinci seminggu yang lalu ,kelinci saya nafsu makannya berkurang sudah 3 hari ini ,tidak seperti dulu dia aktif bermain,loncat loncatan
    tindakan saya harus bagaimana ya sist?

    mohon di jawab ya sist,trims

    ReplyDelete
  23. sis/gan saya mau nanya. saya melihara kelinci udah setahun lebih. 3 hari yg lalu kelinci saya msh aktif tp kok besoknya langsung diem aja, lemes, tidur2an gitu. saya kira dia tidur2an kayak biasanya makanya gak saya gubris. terus karna kmrn seharian hujan jd kandang ditutup seharian.. pas tadi pagi saya lihat kok diemnya makin menjadi jadi, udh sakaratul maut gt deh, eh beberapa menit kemudian mati :( padahal rencananya sorenya mau dibawa ke dokter. kira2 kelinci saya kenapa ya? mohon dijawab ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
  24. Mau tau alamatnya donk,saya mu mandiinkelincinya dsitu bisa?

    ReplyDelete
  25. Min, mau tanya dong gmn caranya supay kelinci itu mau nurut dan ngga galak pas mau dimasukin ke kandangnya. soalnya sekarang kelinci saya udah lumayan gede dan lincah jd nya susah ditangkepnya kalo lagi dilepas. (kelinci saya jenis kelinci australi usia +- 5 bln)

    trs mau tanya lagi, mimin tau ngga pet shop buat kelinci di Jakarta ?

    ReplyDelete
  26. Siang mas.. Ini sy mau tnya.. Kelinci sy kupingnya itu kadang panas n kadang dingin.. Trus napsu makannya jg jd berkurang.. N kotorannya itu jd sedikit.. Itu knp ya mas? Mksh

    ReplyDelete