Friday 23 March 2012

Kelinci kencing darah / kencing kelinci berwarna merah

Warna normal urin dari kelinci berwarna kuning. Kadang-kadang urin dapat menjadi merah, pink, putih, coklat, atau oranye. Kondisi ketika kelinci mengeluarkan air seni berwana merah, sering disebut "red urine,". Kelinci dengan urine berwarna merah bisa dialami oleh kelinci yang sehat maupun sakit


Penyebab urin merah

Pigmen Tanaman: Pada kelinci sehat, warna merah dari urin dapat disebabkan porfirin dan pigmen tanaman lainnya yang belum semua teridentifikasi. Tanaman tinggi dalam beta-karoten , seperti wortel dan bayam, dapat menyebabkan perubahan warna kemerahan.  Perubahan warna tidak dapat diprediksi.


Antibiotik: Pemberian antibiotik dapat meningkatkan tingkat pigmen dalam urin.

Stres: Beberapa berpendapat bahwa stres atau bahkan perubahan musim bisa menyebabkan urin berwarna kemerahan di beberapa kelinci.

Dehidrasi: Dehidrasi akan berkonsentrasi urin, menyebabkan urine menjadi kental dan berwarna lebih gelap.. sama dengan kondisi ketika manusia dehidrasi maka urine akan menjadi kuning kemerahan

Darah: Jika warna merah adalah karena hematuria (adanya darah dalam urin), itu adalah tanda penyakit di saluran kemih, seperti:
  • Infeksi di ginjal maupun di kandung kemih
  • Batu ginjal
  • kanker ginjal atau kanker kandung kemih
Darah dalam sekresi akan terlihat tetesan berdarah akan ketika beberapa saat sebelum atau setelah buang air kecil yang berada didaerah sekitar saluran kemih kelinci. Jika kelinci tidak terlihat buang air kecil, darah akan dengan mudah menempel dan terlihat disekitar kandang, dengan jumlah banyak dan warna seragam (merah/coklat). 

Pada kelinci betina, ada beberapa penyebab lain jika kelinci anda mengalami penyakit kencing darah, diantaranya
  • Hiperplasia endometrium (penebalan dinding rahim)
  • Kanker Rahim
  • Abortus (anak kelinci mati semasa dalam kandungan)

Bilirubin dan Urobilinogen: Dalam kasus yang jarang terjadi, perubahan warna urin mungkin karena adanya zat kimia yang disebut bilirubin dan Urobilinogen. Peningkatan kadar bilirubin dan Urobilinogen dapat ditemukan dalam darah dan urin kelinci

Diagnosa sederhana

Dehidrasi : kelinci akan terlihat lebih haus
Pigmen tanaman/antibiotik: kelinci terlihat tetap sehat dan lincah, tanpa terlihat ada sesuatu yang mengganjal
Stress : kelinci tetap dalam kondisi sehat, tapi dalam kondisi psikis yang berbeda (ketakutan, panik.. dll)
Bilirubin, Urobilinogen : kelinci sebagian akan terlihat tetap dalam kondisi sehat, tapi memang kadang dalam kondisi sakit. Namun kita dapat dengan mudah mengetahui bahwa air seni bukan lah darah. dilihat dari jumlah dan kekentalannya.
Darah: jika kelinci anda mengalami kencing darah, maka akan terlihat dari kuantitas kencing kelinci tersebut, biasanya jumlah buangan air kecilnya dalam jumlah lebih sedikit (malah kadang beberapa tetes) setiap kali buang air kecil. Hal ini terjadi karena, adanya rasa nyeri pada kelinci ketika mengeluarkan air seninya. Biasanya juga akan disertai dengan kotoran juga yang tercampur darah.. biasanya kelinci juga dalam kondisi sangat lemah.. bahkan dalam kondisi lumpuh layu (BACA:PENYEBAB KELINCI LUMPUH LAYU)






Kenalilah lebih dini. Agar anda lebih mengetahui bagaimana memperlakukannya kelinci anda dengan tepat....




Sumber : www.PetEducation.com

6 comments:

  1. ternyata banyak penyebab warna urin pada kelinci yang berubah-ubah itu..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. bagaimana cara mengatasinya yah mas/mbak karena kelinci saya 2 hari yg lalu warna urinnya merh mas/mbak.........
    mohon bantuan dan pencerahannya mas/mbak..........

    ReplyDelete
  4. makasih atas informasinya , tapi saya mau tanya nih ada apa yah sama kelinci saya kok kencingnya itu berwarna cokelat tidak kayak biasanya... apakah tanda seperti itu kalau dia skit?

    ReplyDelete
  5. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih ka info nya sangat membantu banget 😊🙏

    ReplyDelete