Thursday 22 March 2012

Mengenali Penyebab kelinci menjadi lumpuh layu

Ketika Anda menemukan kelinci dengan kontrol berkurang dari bagian belakangnya, asumsi adalah bahwa kelinci tersebut mengalami cedera punggung. ternyata tidak hanya itu kelinci memiliki faktor lain yang dapat menyebabkan kelinci itu menjadi lumpuh.. simak ya gan... :)


  • Gangguan neurologis
dalam bentuk kelumpuhan parsial atau keseluruhan, kehilangan koordinasi, kejang, dan memiringkan kepala - memiliki penyebab yang beragam. Selain trauma pada kepala atau punggung, mungkin termasuk penyebab stroke

  • Infeksi protozoa 
Mungkin penyebab paling umum yang justru sering terjadi adalah infeksi protozoa. mikrosporidia parasit Encephalitozoon cuniculi (E. cuniculi) dan cacing gelang parasit Baylisascaris procyonis (B. procyonis). kedua parasit ini juga diketahui menyebabkan kelumpuhan kaki depan dan belakang.Penyakit yang telah mengambil korban yang menyebabkan banyak kelinci mati adalah Encephalitozoonosis atau Encephalitozoon cuniculi. Kemungkinan organism  ini tertelan oleh kelinci atau masuk pada cara lain kedalam tubuh kelinci.

  • Cedera patah tulang / cedera punggung/ sum-sum tulang belakang rusak 
Kelumpuhan kelinci biasanya terlihat pada daerah pinggang belakang. Hal ini juga bisa disebabkan karena Ketika kelinci berjuang untuk menjadi bebas dari apa pun yang memegangnya (pemilik atau predator), kelinci menendang keluar dan menarik yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian belakang.dan hal ini dapat menyebabkan patah tulang maupun sum-sum tulang belakang menjadi rusak sehingga mengakibatkan kelinci dengan kelumpuhan kaki belakang. Sering kali jenis cedera juga dapat menyebabkan kelinci kehilangan kontrol mereka atas gerakan usus dan kandung kemih.

  • Kelinci Tua
Kelinci tua sering kali menjadi kehilangan Kontrol karena berbagai penyakit persendian, atau penyakit klinis lain yang lebih kompleks

  • Kelinci kontak dengan racun 
Kelumpuhan juga terjadi ketika kelinci kontak dengan racun seperti termakan tanaman beracun, termakan/terminum/terhirup pestisida, termakan logam berat, dan mungkin tidak sengaja termakan obat-obatan di rumah. Hal ini dikategorikan sebagai makan-makanan yang salah. Perlu diingat, ketika memberi makanan dalam bentuk sayuran, penting bagi pemilik untuk mencuci bersih untuk meminimalisasi kemungkinan logam berat atau pestisida yang ada pada sayuran/buah.



Merawat kelinci yang lumpuh memang membutuhkan komitmen.Kelinci dengan gangguan ini akan memerlukan perawatan selama sisa hidup mereka termasuk menjaga keamanan kelinci, dilindungi dan dibersihkan. Jika perlu Pemilik kelinci berkonsultasi dengan dokter hewan untuk membahas perawatan yang tepat tersedia untuk kelumpuhan dan kelemahan kaki belakang pada kelinci. Penanganan untuk kelinci lumpuh memang memerlukan penanganan medis, karena penyebab yang terjadi pada kelinci lumpuh susah untuk diketahui.ada kemungkinan kelinci lumpuh juga karena mengalami gangguan ringan, tetaplah berkomitmen untuk merawat kelinci lumpuh itu.. 

semoga bermanfaat




Sumber

4 comments:

  1. obat buat kelinci lumpuh apa ya????

    ReplyDelete
  2. saya mempunyai anak kelinci yg kira'' sudah hampir 3 minggu.. disaat dia mulai belajar bergerak kesana kesini mungkin dia terjatuh dr tempat yg tinggi.. semenjak itu kepalanya agak miring tp kondisinya tetap aktiv tp hanya saja terlihat bagian kepalanya miring ke kiri dan dia jd sulit untuk tegak..apakah itu cidera atau bagaimana? dan bagaimana ya cara penangananya? tolong diberi saranya :(

    ReplyDelete
  3. bagaimana cara penangan kelinci dengan dislokasi kaki belakang. mohon penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
  4. SAYA PUNYA KELINCI ANGORA SUDAH 3 BULAN DIA MENGALAMI STOREK APAKAH SOLUSINYA DR.

    ReplyDelete