Saturday, 23 June 2012

Merawat kelinci mencret/diare, Obat Mencret (diare) pada kelinci


Hampir setiap pemilik kelinci mengalami hal ini, kebanyakan mereka bahkan kecewa mendapati kelincinya mati karena terserang diare. Mencret merupakan salah satu penyakit yang bisa mengancam nyawa kelinci. Tidak sedikit kelinci yang mati karena penyakit ini. Karena itulah kita perlu tau bagaimana merawat kelinci ketika terserang penyakit ini. Telah di jelaskan sebelumnya mengenai penyebab mencret pada kelinci. Beragam penyebab kelinci terserang oleh penyakit ini. Meskipun penyakit ini sangat mengancam dan sering kali fatal akibatnya, setidaknya kita mampu mengurangi persentase kemungkinan kematian kelinci yang dimiliki.

Perlakuan terhadap kelinci
  • Hentikan sebentar pola makan pelet, karena pelet tidak memiliki serat yang padat sehingga pencernaan akan langsung bisa terganggu bahkan diare bisa bertambah parah
  • Berikan obat mencret (diare) disarankan merupakan obat yang benar2 direkomendasikan terhadap kelinci
  • Penambahan air minum secukupnya. komposisi sekitar 4 ons air bersih ( 1 sdt gula, seperdelapan sdt garam. Sedikit baking soda bila perlu).. berikan pada air minum kelinci, atau jika kelinci memang terlanjur lemas berikan menggunakan suntikan secara perlahan dimulutnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan memulihkan tenaga kelinci. Karena dehidrasi dapat menyebabkan kematian pada kelinci, apalagi kondisi diare menyebabkan cairan dari tubuh kelinci semakin menurun.
  • Beri makanan berserat tinggi. contoh rumput layu/kering atau jerami kering sebagai pakan mereka.. ingat :Rumput yang berserat tinggi.
  • Berikan daun jambu biji. daun jambu biji bisa membantu dalam menyumbat diare pada kelinci
  • Pantau kondisi kelinci. apabila kelinci tidak nafsu makan terhadap apa yang anda berikan segera kunjungi dokter hewan untuk penanganan medis lebih lanjut.


Obat alami kelinci yang mengalami mencret :
  • Daun Jambu Biji dan buah jambu biji yang masih mentah. Berikan sebagai makanan tambahan selain rumput atau jerami kering
  • "Apel (Malus domestica)  apel kaya akan pektin. Itulah mengapa apel adalah obat tradisional untuk diare. Pektin apel juga membantu mengobati sembelit karena bertindak sebagai pelunak feses yang lembut. Ini adalah amfoter, yang berarti bahwa ia bekerja di kedua arah, menyumbat perut ketika longgar atau melonggarkan mereka jika sembelit". (http://www.healthypetcorner.com)
  • "Blackberry & Raspberry (Rubus, berbagai spesies)  segar atau kering , buah ini mengandung tannin yang tinggi sehingga juga sangat baik untuk diare". (http://www.healthypetcorner.com)


Untuk hasil lebih baik segeralah bawa kelinci anda ke dokter hewan. Karena penyakit diare sangat fatal jika tidak ditangani secara serius..


Baca artikel terkait :
PENYEBAB DIARE PADA KELINCI



30 comments:

  1. bukannya mencret disebabkan oleh makanan berserat tinggi.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  3. saya bingung gan knp sebagian artikel jika terdapat kelinci yg diare dan kembung harus dikurangi minum dan hentikan dulu makan rumput .dan sebagian lagi harus banyak minum katanya hentikan pemberian pelet .yg benertuh yg mana sih gan keburu mati tuh kelici kalo banyak artikel yg bertolak belakang kaya gth

    ReplyDelete
  4. This is my first time pay a quick visit at here and i am genuinely pleassant to
    read everthing at one place.

    Feel free to surf to my web-site: click for akc golden info

    ReplyDelete
  5. Good day! I know this is kinda off topic however
    , I'd figured I'd ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog
    article or vice-versa? My blog discusses a lot of the
    same topics as yours and I believe we could
    greatly benefit from each other. If you are interested feel free to shoot me an email.
    I look forward to hearing from you! Great blog by the
    way!

    My webpage terrific adopting golden retriever puppies facts

    ReplyDelete
  6. I'm pretty pleased to find this website. I want to to thank you for your time just for this fantastic read!! I definitely savored every part of it and i also have you saved as a favorite to look at new things in your site.

    my web page: check my blog

    ReplyDelete
  7. Hi would you mind stating which blog platform you're using? I'm planning
    to start my own blog soon but I'm having a tough time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I'm
    looking for something unique. P.S My apologies for being off-topic but I had to ask!


    my page ... http://cus-demo.sakura.ne.jp/demo/wiki/mediawiki-1.12.0/index.php?title=check_my_reference4166298

    ReplyDelete
  8. Having read this I believed it was very informative. I appreciate you finding the
    time and effort to put this information together. I once again find myself spending way too much time both
    reading and leaving comments. But so what, it was still worthwhile!


    my site :: quality cocker spaniel and golden retriever mix facts

    ReplyDelete
  9. of course like your website however you need to test the spelling on quite a few of your posts.
    Several of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to inform
    the truth then again I'll surely come again again.

    Also visit my web-site :: Read Full Report

    ReplyDelete
  10. Hi are using Wordpress for your blog platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and create my own.
    Do you require any coding knowledge to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!

    Here is my homepage :: helpful golden retriever lab mix puppies Details

    ReplyDelete
  11. Definitely consider that which you said. Your favorite reason
    appeared to be on the net the easiest factor to consider of.

    I say to you, I definitely get annoyed at the same time as people consider
    issues that they plainly don't understand about. You managed to hit the nail upon the highest and defined out the whole thing with no need side-effects , people can take a signal. Will probably be again to get more. Thank you

    Here is my blog :: outstanding golden retriever lab mix puppies stuff

    ReplyDelete
  12. Actually no matter if someone doesn't be aware of after that its up to other visitors that they will assist, so here it happens.

    Feel free to visit my webpage :: Labrador golden retriever puppy

    ReplyDelete
  13. Thank you for the good writeup. It in fact was
    a amusement account it. Look advanced to more added
    agreeable from you! However, how can we communicate?


    Here is my web page terrific english goldendoodle facts

    ReplyDelete
  14. Please let me know if you're looking for a article writer for your site. You have some really great articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd really like to
    write some articles for your blog in exchange for a link back
    to mine. Please send me an e-mail if interested.
    Thank you!

    Also visit my site :: handy golden retriever vs lab stuff

    ReplyDelete
  15. I just could not depart your web site before suggesting that
    I really loved the usual info a person supply
    on your visitors? Is going to be back regularly to
    check up on new posts

    My site - fantastic black goldendoodle puppies info

    ReplyDelete
  16. What's up to every body, it's my first pay a quick visit
    of this website; this weblog contains awesome and truly good data in favor of
    visitors.

    Here is my web site ... Lab Golden Mix

    ReplyDelete
  17. If you want to take a good deal from this post then you have to apply such strategies to
    your won weblog.

    my web site ... golden retriever information

    ReplyDelete
  18. excellent publish, very informative. I wonder why the other experts of this sector don't notice this. You must continue your writing. I'm confident, you
    have a great readers' base already!

    Stop by my page - golden retriever black lab mix

    ReplyDelete
  19. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you make
    this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz answer back as I'm looking to construct my own blog and would like to find out where u got this from. appreciate it

    my web-site - More Bonuses

    ReplyDelete
  20. Hello i am kavin, its my first time to commenting anywhere, when i read this
    article i thought i could also make comment due to this sensible
    article.

    Stop by my web site golden retriever black lab mix

    ReplyDelete
  21. Asking questions are in fact pleasant thing if you are not understanding anything totally,
    however this post presents pleasant understanding even.


    Check out my website: quality golden Retriever puppy Breeders content

    ReplyDelete
  22. Does that makes sense. Todd Becker We accrued incentives in the
    fourth quarter here into Q1, at what point will you have a great opportunity.

    These closures of the nation's leading competitive retail provider of cleaner energy and carbon offset solutions is a clear bellwether of the industry's future.


    My website: photovoltaic mosfet driver

    ReplyDelete
  23. Sebelumnya saya punya kelinci yg saya kasih minum dan diberi makan sayuran hijau yg dilayukan. Hanya berjarak seminggu semenjak saya beli, kelinci saya resmi bergelar almarhum, setelah mencret, tidak nafsu makan, dan lesu beberapa hari sebelumnya.

    Kemudian saya membeli lagi 1 pasang kelinci yg saya beri pakan :
    pagi : rumput lapangan
    Siang : wortel import
    Sore : rumput lapangan
    Malam : wortel import
    Tanpa minum (karena kandungan air di wortel import cukup, menurut saya)

    Dan alhamdulillah, terhitung 1 bulan setelah saya membeli kelinci tersebut, kelinci saya masih lincah, tidak pernah mencret dan makannya lahap.

    Sisa rumput yg dimakan dari pagi saya biarkan sampai malam supaya kelinci merasa tetap hangat. Besoknya baru saya ganti.

    Semoga dapat membantu :)

    ReplyDelete
  24. Haii, saya mau nanya nih. Kelinci sya baru umur 1 bulan. Dia nya lemes banget. Di kasi dduk, dia gak bisa. Cma bisa tidur.. pas di gendong juga kepala nya ke atas. Dia juga knk mencret. Td saya uda kasi obat tp dia nggak mau jilat. Gimana ya penyembuhannya?

    ReplyDelete
  25. selamat siang..mohon maaf..mungkin untuk penyembuhan teorinya gampang tp prakteknya susah... terbukti hanya dlm 2 hari 1 malm kelinci rex punya ane resmi almarhum padhl sudah di suntik... ni baru aja anakan rex umur 1 bln punya ane juga kritis karena mencret.... yang jelas klo musim pengujan seperti ini klo malm kandang harus dihangatkan... karena penyakit mencret pembunuh no.1 bagi kelinci...

    ReplyDelete
  26. Kelinci saya juga mengalami hal yang serupa belum tau apa penyebabnya. Pakan sepertinya teratur. Badan sepertinya lemas saja. Saya mau coba tips agan diatas dengan cara di lepas dan di berikan rumput lapangan saja. Mudah2an sehat.

    ReplyDelete
  27. thx gan atas infonya..
    kadang memang sulit mengatasi kelinci sedang diare itu

    ReplyDelete
  28. selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

    ReplyDelete
  29. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    ReplyDelete
  30. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda.

    ReplyDelete