Wednesday 4 January 2012

Cara memahami Bahasa kelinci




Penting bagi setiap penghobi memelihara kelinci untuk mengetahu dasar-dasar bahasa dari kelinci yang telah dirawat. Dengan mengertinya apa yang ingin mereka katakana, dengan mudah anda akan semakin dekat dengan kelinci anda.. berikut bahasa-bahasa kelinci yang sering kita jumpai

Kaki menghentak ke tanah:

Ketika kelinci menghentakan tanah atau kandang dengan kaki belakang dengan suara keras. Maka ini merupakan pertanda bahwa si kelinci mengalami bahaya, ataupun merupakan pertanda kekesalan atau jengkel. Kurang lebih artinya: "Aku takut dan gugup" atau "Saya kesal dengan kamu."


Menggeretakan gigi:

Kelinci yang menggeretakan gigi atau kurang lebih mengasah gigi seperti ada suara halus. Kemungkinan kelinci anda sedang menahan rasa sakit atau nyeri yang membuatnya merasa tidaknyaman.

Kurang lebih artinya
" aku kesakitan dan ada yang salah dengan tubuh saya”


Menggosok Dagu:

Kadangkala kita melihat kelinci kita sedang menggosokan dagu pada benda-benda tertentu dikandangnya. Kelinci memiliki kelenjar bau pada dagunya. Dan menandai wilayahnya, namun kita tidak bisa mencium bau tersebut karena itu salah satu bentuk komunikasi antar kelinci.

Artinya: "Ini adalah milikku atau ini daerahku!"


Melompat:

Melompat di sertai dengan sedikit memutar tubuhnya atau menendangkan kaki, merupakan bahasa untuk mengungkapkan kebahagiaan.. Artinya: "Hidup Ini sangat hebat!"


Menjilat anda:

Berarti menyukai atau menerima anda sebagai pemiliknya

artinya: "Aku suka kamu"


Mengelilingi Kaki:

Seekor kelinci yang mengikuti Anda berkeliling mengitari kaki Anda mungkin hanya mencoba untuk mendapatkan perhatian Anda, atau mungkin kelinci Anda lebih mungkin sudah dewasa secara seksual dan dia menyukai anda.. :). Biasanya berarti "aku cinta padamu" atau "Aku di sini, mari kita bermain."


Kelinci mendatarkan tubuh:

Ketika kelinci meratakan dirinya pada perutnya dengan kepala ke bawah dan telinga begitu juga telinganya, berarti kelinci tersebut merasa takut takut dan mencoba untuk berbaur ke lingkungan sekitar, biasanya ini sering terjadi ketika melakukan pemindahan kandang.(Catatan: kelinci santai juga dapat berbaring datar, tapi kelinci rileks memiliki bahasa tubuh yang berbeda:. Otot rileks dan ekspresi)

artinya: "Aku takut!"


Menerjang:

Sebuah gerakan tiba-tiba ke arah Anda dengan kepala tegak, ekor dan telinga kembali adalah bentuk yang sangat jelas dari komunikasi kelinci: ancaman jelas.

artinya: " mundur kamu!"


Vokalisasi:

Kelinci sebenarnya mampu berkata kata (vokalisasi) yang mereka gunakan untuk komunikasi. Namun terkadang kita tidak mengerti apa yang kelinci katakana pada kita
Berikut adalah interpretasi dari beberapa vokalisasi kelinci:

memekik pelan atau rengekan: gangguan ringan atau ketidaksenangan.

Mendengus, menggeram, Mendengus, dan mendesis: tahap berkomunikasi semua bervariasi kemarahan, stres, atau merasa terancam. Dapat diikuti dengan menyerang atau menggigit.
berbunyi seperti klakson dengan suara pelan: berarti sedang minat untuk seksual. Jika kelinci Anda berputar-putar Anda berbunyi seperti kelakson yang pelan, itu adalah saat yang tepat untuk mengkawinkannya

Berteriak: tanda rasa sakit yang hebat atau takut. Jangan abaikan gejala ini
Tentu saja, bahasa tubuh kelinci jauh lebih kompleks daripada apa yang telah disajikan di sini. Kelinci berkomunikasi dan memberikan anda informasi dengan banyak caradan pemilik berpengalaman dapat belajar untuk membaca sinyal yang diberikan oleh kelincinya.




Baca juga : Cara Melatih Kelinci





(Sumber : exoticpets.about.com dan wikia.com)

1 comment:

  1. Pas kelincinya teriak maksudnya jangan diabaikan gmn ya?? Td pas kelincinya dikawinin dia sempet teriak gitu ngumpet juga kalo kyk gitu harus gmn? Apa harus dibawa ke vet?

    ReplyDelete